Selasa, 10 Mei 2011

Catatan Harian - One day at Work

First blog post :)
Senangnya bisa menulis lagi. Hari ini menganggur di kantor, ga jelas mau ngapain, dan ga niat untuk mencari kerjaan. Sendirian pula, secara rekan kerja yang lain sibuk UAT di klien. Risk as a single fighter, in this case, as a single support for existing client. Tapi ada enaknya juga loh ga kerja dalam tim, bisa flexible nentuin waktu, mau ke klien jam berapa, balik jam berapa. None to ask for approval.

Kalo sepi gini, malah jadi merenung. Dulu, masih SMU, mikir mau kuliah. Uda kuliah, mikir mau kerja, enak sepertinya lihat orang-orang yang uda kerja, bisa beli ini itu, pergi liburan, bebas belanja, dan lain-lain. Sekarang pas uda kerja, rasanya mau balik ke masa-masa SMU. Saat masih bebas dan tanpa tanggung jawab. So, buat para ABG yang mau buru-buru dewasa, jangan deh. Mending nikmati sepuasnya masa-masa bebas kalian. Kecuali memang kalian mau jadi losers, yang ga peduli dengan tanggung jawab, ga punya integritas, dan masa bodo dengan kepercayaan orang lain (macam anggota dewan yang katanya terhormat).

Ternyata, dalam dunia kerja, yang berat itu bukan technical pekerjaannya, tapi justru ke mentalitas kita, rekan kerja, klien dan atasan. Jadi teringat dulu pertama kali masuk kerja, antusiasme luar biasa, nyari-nyari kerjaan, semakin banyak semakin semangat. I was thinking about learning new things, new knowledge, new technology, new methodology, intinya belajar something yang sophisticated. Ternyata oh ternyata, skill teknis yang dipelajari semasa sekolah dan kuliah itu cuma sepersekian yang diaplikasikan ke dunia kerja. Mostly justru adalah mental dan interpersonal skill yang dibutuhkan. Karena semua kemampuan teknis itu bisa kita pick-up along the way, alias belajar di tempat. Sewaktu kita diharuskan mengerjakan hal-hal baru, otomatis kita akan mulai melihat resources dan belajar. So, being smart at school is not a guarantee for success, but being 'wise' at workplace will surely bring you to a higher level.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar