Senin, 03 Oktober 2011

Panduan praktis untuk yang akan berkunjung ke Ho Chi Minh City, Vietnam


PLease note, mayoritas penduduk Vietnam tidak bisa berbahasa Inggris, bahkan yang sederhana sekalipun, kecuali di distric 1 (pusat kota) dimana bangunannya lebih modern, terdapat banyak shopping mall dan tempat2 berskala internasional lainnya. Beberapa restoran bisa melayani dengan bahasa Inggris dan bahkan menyediakan menu dengan bahasa internasional. But be aware, tidak semua pelayannya fasih berbahasa Inggris, jadi kadang kita tetap harus berbahasa isyarat :)

For those who are picky eaters (pemilih makanan), sebaiknya menghindari menu-menu lokal, seperti mie kuah lokal Vietnam. Untuk sekali dicoba mungkin tidak menyakitkan, tapi lebih baik bersiap-siap untuk mengalami sakit perut, minimal hati waswas hehehe. Well, karena keterbatasan bahasa, sulit untuk memastikan apa yang ada dalam piring/mangkok.. :) But do not worry too much, ada banyak kedai rumahan yang menyediakan menu makanan "normal", (caution: mayoritas mengandung babi) dan dengan harga yang sangat murah. Kalau ingin porsi besar, silakan mencoba restoran chinese food, mayoritas penjual bisa berbahasa cantonese atau mandarin. Hati-hati dalam memesan karena di tempat semacam ini, porsi makanan nya sangat besar, 1 menu bisa mencukupi untuk 3-4 orang (dengan nasi). Jangan kuatir dengan porsi nasi, karena rata-rata menyediakan lebih dari cukup (can refill *smile*). Untuk restoran sejenis cafe.. jangan memesan minum terlebih dahulu, karena biasanya mereka memberikan ocha/teh gratis bagi setiap pengunjung (again, bottomless). Dan harga yang diberikan relatif sangat murah..

Transportasi di HCMC mayoritas menggunakan motor.. Traffic here is so terrible. Just to be safe, lebih baik menggunakan jasa taksi. Seperti halnya taksi di Jakarta, kita harus pintar-pintar memilih taksi. Untuk pilihan yang aman, gunakan VINASUN atau MAILINH Taxi. Ada banyak taksi dengan argo yang bisa sangat mengejutkan bila salah memilih :) Tidak seperti Jakarta, taksi di HCMC bisa memuat sampai dengan 7 penumpang, jadi tak perlu kuatir bila bepergian dalam kelompok :)

Jangan lupa berkunjung ke pasar malam (night market) di wilayah Benh Thanh Market. Pasar malam baru dimulai jam 7 malam, siap-siap lah untuk mencoba beragam menu menarik di sini, termasuk juga berbelanja beberapa souvenir untuk dibawa pulang :)

In the end, untuk travelling di Vietnam, better do it in groups. Bepergian sendiri sangat tidak disarankan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar